2013/05/21

PMI PROVINSI JATIM MENJADI TUAN RUMAH TKRN


Pada bulan Juni tahun 2013 Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Timur (Jatim) mendapat kehormatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Temu Karya Nasional (TKN) tahun 2013, yang bertempat di Selorejo- Ngantang - Malang. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 23 s/d 30 Juni 2013 ini, bertujuan sebagai ajang mempertemukan para relawan PMI untuk bersama-sama memantau dan mengevaluasi pembinaan yang telah dilaksanakan PMI, sekaligus merancang peran dan kegiatan relawan untuk mendukung dan melaksanakan program peningkatan organisasi dan pelayanan PMI. 


Temu Karya Nasional (TKN) diikuti oleh anggota KSR, TSR dan DDS yang beranggotakan tiap Kontingen 50 orang dari seluruh PMI tingkat Kabupaten/Kota di Indonesia yang mempunyai semangat pengabdian dalam mengaplikasikan Prinsip – prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Keterlibatan KSR, TSR dan DDS dalam Temu Karya merupakan kekuatan besar yang dimiliki PMI dalam menjalankan proses pembinaan yang telah dilaksanakan oleh PMI secara bersama-sama melakukan aktifitas nyata bersama Masyarakat serta Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan relawan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pelayanan PMI. Membangun kerja sama dan jejaring antar relawan, dengan tema “ Relawan Sebagai Agen Perubahan”.

Dasar hukum pelaksanaan TKN ini adalah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PMI hasil Munas tahun 2009, Rencana dan Strategi Palang Merah Indonesia tahun 2009 – 2014, Program Kerja Bidang PMR dan Relawan PMI, Surat Keputusan Bersama (SKB) antara PMI dengan Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri RI, No. 168/31/29/SJ, No. 0184.KEP/PP/95 tentang Pembinaan dan Pengembangan Organisasi Palang Merah Indonesia, Perjanjian Kerjasama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan PMI No. 01118/U/1995, No.090/Kep/PP/V/1995 tanggal 24 Mei 1995 tentang pembentukan Tim Pembina Pengembangan Kepalangmerahan di kalangan siswa dan mahasiswa, Perjanjian Kerjasama antara Departemen Agama RI dengan PMI No.459 tahun 1995, No. 0185.Kep/88/IX/1995 tanggal 26 September 1995 tentang Pembentukan Tim Pembina Pengembangan Kepalangmerahan di kalangan siswa dan mahasiswa dan Surat Pengurus PMI Pusat no. 3753/RLW/X/2011 Tanggal 13 Oktober 2011 perihal Penunjukan Jatim sebagai tuan rumah. 

Kegiatan TKN ini nanti nya akan banyak kegiatan selama 7 (tujuh) hari mulai penyambutan Kontingen dengan adanya Wellcome Party, hingga sampai selesai kegiatan seperti kegiatan bidang Temu, bidang Karya, bidang Persahabatan, bidang Pengembangan Kapasitas meliputi pembangunan jembatan, pipanisasi dll.
Menurut H. Soebagyo. SW, “TKN ini bukan sebagai ajang perlombaan namun ajang untuk mengukur kapasitas pembinaan relawan di setiap Provinsi se Indonesia, jadi dengan adanya kegiatan ini Pengurus PMI masing-masing mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh relawan, sehingga baik Provinsi maupun Pusat dapat meningkatkan pembinaan yang lebih baik untuk relawan. 

Selamat berkarya Relawan, buktikan bahwa kalian bisa untuk diandalkan dalam situasi dan kondisi apapun juga serta kembangkan pengetahuan, wawasan yang telah didapat dari PMI di kegiatan TKN nanti.”

No comments: